SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK MENUNJANG PROMOSI JASA FOTO
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia
bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan, dengan demikian
suatu sistem yang baik harus mampu memberikan informasi yang jelas dengan
data-data yang akurat dan tepat dalam proses pengolahannya.
Latar belakang
Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi ini
menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya. Jika
dilihat lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana
sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk atau
jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan dengan
pesaing bisnisnya. Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi
diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan
persaingan. Perkembangan E-Commerce di Indonesia dapat menjadi sesuatu yang
menjanjikan. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya jumlah
pengguna internet yang kian bertambah, berikut perkembangan statistik pengguna
internet di Indonesia dari tahun ketahun
Perkembangan situs E-Commerce di Indonesia sendiri sudah ada sejak
tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net sebagai perintis
transaksi online. Internet membantu kita sehingga dapat berinteraksi,
berkomunikasi, bahkan melakukan perdagangan dengan orang dari segala penjuru
dunia dengan murah, cepat dan mudah. beberapa tahun terakhir ini dengan begitu
merebaknya media internet menyebabkan banyaknya perusahaan yang mulai mencoba
menawarkan berbagai macam produknya dengan menggunakan media website, dan salah
satu manfaat dari keberadaan internet adalah sebagai media promosi suatu produk
dan jasa. Suatu produk dan jasa yang di online kan melalui internet dapat
membawa keuntungan besar bagi pengusaha karena produk dan jasanya di kenal di
seluruh dunia.
Tujuan Penelitian Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka, dapat
disimpulkan tujuan dari penelitian ini adalah :
“Membangun sistem informasi promosi berbasis web pada GBU18studio
yang dinamis dan interaktif untuk mempromosikan informasi jasa foto ke pengguna
jasa”
Metode Penelitian Metode adalah suatu cara yang disarankan untuk
melakukan suatu hal. Pendekatan sistem merupakan metodologi dasar untuk
memecahkan masalah. Metodologi pengembangan sistem informasi berarti suatu
metode yang digunakan untuk melakukan pengembangan sistem informasi berbasis
komputer. Metode yang akan digunakan adalah dengan siklus hidup pengembangan
sistem (systems development life cycle-SDLC) atau disebut siklus hidup sistem
(system life cycle-SLC) saja. Metode SDLC menggunakan pendekatan sistem yang
disebut pendekatan air terjun (waterfall approach), yang menggunakan beberapa
tahapan dalam pengembangan sistem.
Tahap-tahap dalam pengembangan sistem sesuai dengan SDLC meliputi
tahapan sebagai berikut :
a.
Perencanaan
sistem (system planning)
b.
Analis
sistem (system analyst)
c.
Desain
atau perancangan sistem (system design)
d.
Penerapan
/ implementasi sistem (system implementation)
e.
Perawatan
sistem (system maintenance)
Tahapan tersebut dinamakan tahap air terjun (waterfall) karena pada
setiap tahapan sistem akan dikerjakan secara berurut menurun dari perencanaan,
analisis, desain, penerapan dan perawatan. Hal ini dapat digambarkan sebagai
berikut :
Identifikasi Masalah
Permasalahan yang terjadi pada GBU18studio adalah berkaitan dengan
proses efisiensi biaya promosi dan pemasaran serta untuk mempercepat proses
penyebaran informasi tentang promosikan jasa kepada pelanggan dan mampu
memasarkan jasa diluar daerah sehingga bisa mencapai target penjualan yang
ditetapkan oleh GBU18studio
Identifikasi Sumber Masalah
Sumber masalah terdapat di bagian promosi pada GBU18studio yang
masih kurang efisien dan efektif VI.
Identifikasi kebutuhan informasi
Informasi yang diperoleh dari Sistem informasi pemasaran ini
adalah:
a.
Informasi
profil perusahaan
b.
Informasi
karya foto
c.
Kategori
foto
d.
Informasi
jasa
Identifikasi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi
antara lain dibutuhkan data :
a.
Data
user
b.
Data
kategori foto
Identifikasi Sumber Data dan Tujuan Informasi
Identifikasi sumber data dan tujuan informasi dibuat agar asal dan
arah data maupun tujuan informasi dapat diketahui dengan jelas.
Adapun informasi yang dihasilkan ditujukan kepada :
1.
Konsumen
a.
Informasi
profil perusahaan
b.
Informasi
kategori foto
c.
Informasi
menggunakan jasa
2.
Perusahaan
a.
Informasi
calon pengguna
Saran
Dari pembuatan website sistem informasi pemasaran, maka berikut ini
ada beberapa saran yang kiranya dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya
meningkatkan promosi dan pelanggan, dimasa yang akan datang diantaranya yaitu:
1.
Support
system yang dirancang masih sangat jauh dari kesempurnaan, diharapkan untuk
pengembangan kedepannya dapat dikembangkan lagi seperti penambahan grafik
laporan konsumen di admin, perubahan tampilan website secara otomatis, dan
lainnya.
2.
Komputerisasi
tidak akan memberikan manfaat jika tidak didukung oleh sumber daya manusia yang
mampu mengoperasikannya, untuk itu perlu diadakan latihan terutama bagi
personil yang akan mengoperasikan website atau dapat juga merekrut tenaga kerja
yang mengerti tentang komputer dan mengelola website.
3.
GBU18studio
hendaknya terus mengembangkan sistem ini dengan cara menambah tingkat security,
bandwith demi kenyamanan dan kepercayaan user dalam mengakses website, dan
terus mengembangkan sistem website up to date agar pengunjung yang datang ke
website merasa bahwa website masih aktif.
sSumber :http://eprints.dinus.ac.id/12840/1/jurnal_13044.pdf
Komentar
Posting Komentar