SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK MENUNJANG PROMOSI JASA FOTO


Penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan, dengan demikian suatu sistem yang baik harus mampu memberikan informasi yang jelas dengan data-data yang akurat dan tepat dalam proses pengolahannya.

Latar belakang
Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya. Jika dilihat lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya. Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Perkembangan E-Commerce di Indonesia dapat menjadi sesuatu yang menjanjikan. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya jumlah pengguna internet yang kian bertambah, berikut perkembangan statistik pengguna internet di Indonesia dari tahun ketahun
Perkembangan situs E-Commerce di Indonesia sendiri sudah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net sebagai perintis transaksi online. Internet membantu kita sehingga dapat berinteraksi, berkomunikasi, bahkan melakukan perdagangan dengan orang dari segala penjuru dunia dengan murah, cepat dan mudah. beberapa tahun terakhir ini dengan begitu merebaknya media internet menyebabkan banyaknya perusahaan yang mulai mencoba menawarkan berbagai macam produknya dengan menggunakan media website, dan salah satu manfaat dari keberadaan internet adalah sebagai media promosi suatu produk dan jasa. Suatu produk dan jasa yang di online kan melalui internet dapat membawa keuntungan besar bagi pengusaha karena produk dan jasanya di kenal di seluruh dunia.

Tujuan Penelitian Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka, dapat disimpulkan tujuan dari penelitian ini adalah :
“Membangun sistem informasi promosi berbasis web pada GBU18studio yang dinamis dan interaktif untuk mempromosikan informasi jasa foto ke pengguna jasa”

Metode Penelitian Metode adalah suatu cara yang disarankan untuk melakukan suatu hal. Pendekatan sistem merupakan metodologi dasar untuk memecahkan masalah. Metodologi pengembangan sistem informasi berarti suatu metode yang digunakan untuk melakukan pengembangan sistem informasi berbasis komputer. Metode yang akan digunakan adalah dengan siklus hidup pengembangan sistem (systems development life cycle-SDLC) atau disebut siklus hidup sistem (system life cycle-SLC) saja. Metode SDLC menggunakan pendekatan sistem yang disebut pendekatan air terjun (waterfall approach), yang menggunakan beberapa tahapan dalam pengembangan sistem.
Tahap-tahap dalam pengembangan sistem sesuai dengan SDLC meliputi tahapan sebagai berikut :
a.       Perencanaan sistem (system planning)
b.      Analis sistem (system analyst)
c.       Desain atau perancangan sistem (system design)
d.      Penerapan / implementasi sistem (system implementation)
e.       Perawatan sistem (system maintenance)
Tahapan tersebut dinamakan tahap air terjun (waterfall) karena pada setiap tahapan sistem akan dikerjakan secara berurut menurun dari perencanaan, analisis, desain, penerapan dan perawatan. Hal ini dapat digambarkan sebagai berikut :



Identifikasi Masalah
Permasalahan yang terjadi pada GBU18studio adalah berkaitan dengan proses efisiensi biaya promosi dan pemasaran serta untuk mempercepat proses penyebaran informasi tentang promosikan jasa kepada pelanggan dan mampu memasarkan jasa diluar daerah sehingga bisa mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh GBU18studio
Identifikasi Sumber Masalah
Sumber masalah terdapat di bagian promosi pada GBU18studio yang masih kurang efisien dan efektif VI.
Identifikasi kebutuhan informasi
Informasi yang diperoleh dari Sistem informasi pemasaran ini adalah:
a.       Informasi profil perusahaan
b.      Informasi karya foto
c.       Kategori foto
d.      Informasi jasa
Identifikasi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi antara lain dibutuhkan data :
a.       Data user
b.      Data kategori foto
Identifikasi Sumber Data dan Tujuan Informasi
Identifikasi sumber data dan tujuan informasi dibuat agar asal dan arah data maupun tujuan informasi dapat diketahui dengan jelas.
Adapun informasi yang dihasilkan ditujukan kepada :
1.      Konsumen
a.       Informasi profil perusahaan
b.      Informasi kategori foto
c.       Informasi menggunakan jasa
2.      Perusahaan
a.       Informasi calon pengguna

Saran
Dari pembuatan website sistem informasi pemasaran, maka berikut ini ada beberapa saran yang kiranya dapat menjadi bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan promosi dan pelanggan, dimasa yang akan datang diantaranya yaitu:
1.      Support system yang dirancang masih sangat jauh dari kesempurnaan, diharapkan untuk pengembangan kedepannya dapat dikembangkan lagi seperti penambahan grafik laporan konsumen di admin, perubahan tampilan website secara otomatis, dan lainnya.
2.      Komputerisasi tidak akan memberikan manfaat jika tidak didukung oleh sumber daya manusia yang mampu mengoperasikannya, untuk itu perlu diadakan latihan terutama bagi personil yang akan mengoperasikan website atau dapat juga merekrut tenaga kerja yang mengerti tentang komputer dan mengelola website.

3.      GBU18studio hendaknya terus mengembangkan sistem ini dengan cara menambah tingkat security, bandwith demi kenyamanan dan kepercayaan user dalam mengakses website, dan terus mengembangkan sistem website up to date agar pengunjung yang datang ke website merasa bahwa website masih aktif.


sSumber :http://eprints.dinus.ac.id/12840/1/jurnal_13044.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa yang dimaksud dengan ilmu budaya dasar jelaskan secara universal

Jelaskan Masalah Pokok Ruang Lingkup Kebudayaan

Permainan "GOBAK SODOR"